Ads 468x60px

http://1.bp.blogspot.com?-ss3vhDSkBpg/TvLOwDmUHxI/AAAAAAAAG9s/rxQCRvFleoY/s1600/top.png

Minggu, 11 November 2012

5 Event Olahraga Terbesar di Dunia

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. 

1. Olimpiade
Olimpiade adalah ajang olahraga yang diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh seluruh negara di dunia yang terdaftar di Komite Olimpiade Internasional (IOC).
Awalnya hanya berlangsung di Yunani kuno, Olimpiade kemudian dihidupkan kembali oleh seorang bangsawan Perancis, Pierre Frèdy, Baron de Coubertinpada akhir abad ke-19. Olimpiade yang lebih dikenal di Indonesia, Olimpiade musim panas, telah diadakan setiap empat tahun sekali sejak 1896, kecuali tahun-tahun pada masa Perang Dunia II.


Olimpiade (Sumber: wordpress.com,uniknya.com)




Edisi khusus untuk olahraga musim dingin, Olimpiade Musim Dingin, dimulai pada 1924. Awalnya ini diadakan pada tahun yang sama dengan Olimpiade musim panas, namun sejak 1994 Olimpiade musim dingin diadakan setiap empat tahun sekali, dengan selang dua tahun setelah Olimpiade musim panas.

2. Asian Games 
Asian Games disebut juga Asiad, adalah ajang multi olahraga terbesar yang diselenggarakan setiap empat tahun, dengan melibatkan atlet-atlet dari seluruh negara di Asia. Ajang ini didominasi oleh atlet-atlet dari Republik Rakyat Cina, Korea Selatan dan Jepang.



Asian Games (Sumber: fordesigner.com,uniknya.com)




Asian Games awalnya merupakan ajang olahraga di Asia kecil. Far Eastern Championship Games diadakan untuk menunjukkan kesatuan dan kerja sama antar tiga negara, yaitu Kerajaan Jepang,Kepulauan Filipina, dan Republik Rakyat Cina. Far Eastern Championship Games pertama diadakan di Manila pada tahun 1913. Negara Asia lainnya berpartisipasi setelah diselenggarakan. Far Eastern Championship Games dihentikan pada tahun 1938 ketika Jepang menyerbu Tiongkok dan aneksasi terhadap Filipina yang menjadi pemicu perluasan Perang Dunia II ke wilayah Pasifik.

3. All-Africa Games
All-Africa Games, kadang-kadang dikenal juga sebagai African Games atau Pan African Games, adalah ajang olahraga regional yang diadakan setiap empat tahun sekali yang diselenggarakan oleh Asosiasi Komite Olimpiade Nasional Afrika (Association of National Olympic Committees of Africa/ANOCA). Seluruh negara peserta berasal dari benua Afrika.



All-Africa Games (sumber:mtnfootball.com,uniknya.com)




All-African Games pertama kali diadakan pada 1965 di Brazzaville, Kongo. Komite Olimpiade Internasional memberikan pengakuan terhadap ajang olahraga benua, sepertiPan American Games dan Asian Games.

4. Pan American Games 
Pan American Games adalah ajang olahraga empat tahunan yang diikuti oleh atlet-atlet yang berasal dari negara di benua Amerika.



Pan American Games (sumber: zimbio.com,uniknya.com)




Ide penyelenggaraan Pan American Games muncul dari Central American Games yang diselenggarakan pada tahun 1920an. Pada 1932, usulan untuk mengadakan Pan American Games dibuat, dan Organisasi Olahraga Pan Amerika (Pan American Sports Organization) dibentuk. Pan American Games pertama kali dijadwalkan diadakan diBuenos Aires pada 1943, karena Perang Dunia II menyebabkan Pan American Games diundur hingga 1951. Sejak saat itu, Pan American Games diadakan setiap empat tahun sekali, dengan partisipasi pada Pan American Games terakhir lebih dari 5000 atlet dari 42 negara di benua Amerika.

5. Commonwealth Games 
Pesta Olahraga Persemakmuran atau dalam bahasa Inggrisnya Commonwealth Games adalah ajang olahraga multinasional. Diadakan setiap empat tahun sekali, melibatkan atlet-atlet terbaik dari negara-negara persemakmuran. Pertama kali, ajang ini dikenal dengan British Games, diadakan pada 1930 di Hamilton, Ontario, Kanada. Perubahan nama menjadi Commonwealth Games pada tahun 1978. Selain cabang yang biasa diadakan di Olimpiade, ajang ini juga mempertandingakn beberapa cabang olahraga yang banyak diminati di negara-negara persemakmuran, seperti lawn bowl, rugby seven, dan netball.



Commonwealth Games (Sumber: wittysparks.com,uniknya.com)




Saat ini terdiri dari 53 anggota dari negara-negara persemakmuran, dan 71 tim terlibat dalam ajang ini. Empat negara bagian dari Britania Raya, Skotlandia, Wales, Irlandia mengirim tim secara terpisah dan tim perseorangan juga dikirim dari Guernsey, Jersey, dan Pulau Man dan wilayah Britania Raya lainnya. Wilayah luar Australia, Pulau Norfolk juga ikut sebagai tim sendiri, begitu pulaPulau Cook, dan Niue, dua wilayah yang memiliki pemerintahan sendiri tapi berasosiasi secara bebas dengan Selandia Baru.

0 komentar:

Posting Komentar